Tuesday, October 14, 2014

Resiko Mengunakan Sepatu Hak Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang g kenal high heels?? High heels adalah sepatu yang mempunyai hak tinggi dan lancip. High heels memang lagi menjadi trend baik dikalangan remaja putri maupun para ibu mereka berbondong-bondong pergi kemall untuk memburu high heels.

Sepatu hak tinggi akan membuat kaki terlihat lebih jenjang, pantat semakin terangkat, betis terlihat padat dan badan menjadi tegak. sehingga banyak perempuan yang percaya diri untuk memakainya baik untuk kepesta,jalan-jalan maupun kekantor karena dengan high heels mereka  terlihat lebih tinggi, anggun dan sexy.



Tapi tahukah anda?? Bahwa pemakaian high heels memiliki resiko terhadap kesehatan tubuh kita. Semakin kita sering menggunakan sepatu hak tinggi resikonya semakin besar. Berikut adalah resiko sepatu hak tinggi :

Varises kaki

Saat memakai high heels kaki berjinjit bila terlalu lama akan membuat otot tumit belakang dan betis menjadi tegang sehingga pembuluh darah tertekan.inilah yang menyebabkan varises pada kaki.

Pembengkakan pembuluh darah pada kaki

Resiko sepatu hak tinggi selanjutnya adalah Ketika kita memakai sepatu hak tinggi  maka tumpuan seluruh beban tubuh akan ada di kaki hal ini dapat menyebbkanpenyempitan pada pembuluh darah dan bila brlansung selam berjam-jam  setiap hari dan bertahun-tahun secara langsung  dapat menyebabkan mati rasa pada jari kaki.

Osteoarhritis

Osteoarhritis  muncul ditandai dengan nyeri dan kaku pada persendian tulang. Biasanya muncul pada persendian lutut dan panggul.

Jari jempol kaki menjadi bengkok

Sepatu hak tinggi yang memiliki ujung yang sempit dapat berisiko ruas jari jempol kaki menjadi melebar keluar karena terjadi penyempitan shingga menekan ruas jari keluar hal itu akan mengubah struktur dan bentuk jari jempol kaki.

Gangguan rongga pinggul

saat memakai sepatu hak tinggi akan terjadi tekanan pada ujung kakiyang akan meyebabkan ukuran rongga  panggul  menjadi tidak normal dan pantat menjadi besar. Dan apabila terjasi pada ibu hamil akan mengakibatkan susah melahirkan.

 Oleh karena itu untuk mengurangi resiko sepatu hak tinggi  sebaiknya kita jangan memakai sepatu hak tinggi sepanjang hari ada baiknya istirahatkan kaki dengan memakai sandal atau sepatu flats yang lebih nyaman dipakai.

 Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment